RPPH PAUD Dengan Pendekatan SAINTIFIK (5M)
gurubantu.tk - Dalam Penyusunan RKH/RPPH PAUD Kuruikulum 2013 Revisi Terbaru harus memiliki Indikator 5M. dimana mengalami perubahan dari RPPH K-13 sebelumnya. Sebagai Contoh Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Saintifik PAUD, kami sertakan Contoh Lengkap RKH/RPPH PAUD.
RKH/RPPH PAUD Dengan Pendekatan SAINTIFIK
Perlu ayah bunda ketahui bahwa RPPH PAUD yang digunakan saat ini yakni RKH/RPPH PAUD dengan Pendekatan SAINTIFIK dengan ciri yang paling umum dalam RPPH PAUD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yakni harus Memiliki Indikator 5 M, sebagai contoh Indikator 5 M tersebut antara lain :
- Mengamati
- Menanya
- Menalar/mengasosiasi/Menggali Informasi
- Menyimpulkan
- Mengomunikasikan
Kita ambil satu Contoh RKH/RPPH PAUD dengan pendekatan saintifik pada RPPH PAUD beriktut ini dengan TEMA Rekreasi SUBTEMA Kendaraan berikut ini yang dapat ayah bunda [DOWNLOAD DISINI] untuk selengkapnya sebagai Contoh atau referensi dalam penyusunan RPPH PAUD yang ayah bunda kerjakan di lembaga/sekolah dimana ayah bunda mengajar.
Rencana Pelaksaan Pembelajaran Harian
Nama Lembaga : TK/PAUD ..........................
Semester/Bulan/Minggu : II/......../Ke-1
Hari / Tanggal : .........../.......... 2018
Kelompok/ Usia : A / 4 – 5 tahun
Tema / Sub Tema/Sub-sub Tema : Rekreasi/Kendaraan/Kereta Api
➤ Perhatikan Kegiatan dan aktivitas yang terdapat pada Kegiatan Inti berikut :
II. Kegiatan inti (±60 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati miniatur kereta api secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang miniatur kereta yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait kereta api yang diamati.
Apakah bentuk kereta api ?
Dimana kereta api berhenti ?
Dimana kereta api berjalan ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kereta api.
- Guru memberikan pertanyaan tentang kereta api.
· Dimana kereta api berhenti?
· Siapa yang mengemudikan kereta api?
· Bagaimana cara naik kereta api?
· Siapa saja yang bekerja di kereta api?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan kembali ciri-ciri kereta api
- Anak dapat menirukan gerak kereta api
- Anak dapat menempel gambar gebrong kereta api sesuai dengan urutan lambang bilangan 1 sampai 5
- Menyanyikan lagu “naik kereta api”
|
Itulah Yang dimaksud dengan 5M Pada RPPH PAUD dengan pendekatan Saintifik. bagaimana ayah bunda Faham? (Semoga tidak puas ya?). baiklah untuk beberapa contoh RPPH PAUD dengan Pendekatan Saintifik ini sudah dapat ayah bunda Download pada link di Bawah ini :
RPPH PAUD Saintifik dengan 5M Tema Alam Semesta dengan 3 Subtema
RPPH PAUD Saintifik dengan 5M Tema Air, Udara dan Api dengan 2 Subtema